Sabtu, 26 Januari 2013

Si Kecil Tak Suka Buah dan Sayur? Siasati dengan 4 Cara Ini!


Banyak anak tak doyan sayur dan buah. Padahal, buah dan sayur sangat penting nutrisinya untuk tumbuh kembang anak. Karenanya, gunakan beberapa trik jitu yang bisa mendorong anak untuk mencicipi, makan dan menyukai buah dan sayur.

Kalau si kecil selalu menolak buah dan sayur, cobalah lakukan beberapa hal ini:

1. Mulai sedini mungkin

Sejak dalam tahap mengandung dan menyusui, ibu sebaiknya banyak mengonsumsi beragam sayur dan buah. Hal ini turut membiasakan si kecil untuk makan buah dan sayur. Jika sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping, berikan aneka ragam sayuran dan buah dengan beberapa rasa dan tekstur berbeda. Jangan cepat menyerah jika si kecil menolak karena belum terbiasa dengan rasanya.



2. Menanam sendiri

Manfaatkan sedikit lahan di rumah untuk menanam buah dan sayur sendiri. Ajak anak untuk ikut ambil bagian dalam menanam dan memelihata tanaman tersebut. Melibatkannya dalam proses menanam bisa memicu semangat dan pengertian akan pentingnya buah dan sayur.


3. Buat suasana seru

Ajak anak untuk berbelanja buah dan sayur bersama. Libatkan ia dengan cara mengajaknya memilih buah bersama. Pilih buah dengan warna-warna berbeda, seperti jeruk orange, apel merah, anggur merah, juga brokoli hijau dan sawi putih. Bisa jadi sarana pengenalan akan warna, tekstur, juga jenis buah dan sayur.


4. Beri contoh

Orang tua merupakan contoh yang baik untuk anak. Meminta anak banyak makan sayur dan buah sementara orang tua jarang menginsumsi tentu tak efektif. Beri anak contoh nyata akan kebiasaan makan buah dan sayur setiap hari. Meski tak bisa instan, namun jika telaten, sedikit demi sedikit kesadaran itu akan muncul pada anak.



Sumber: http://food.detik.com/read/2013/01/27/092945/2153159/1345/2/si-kecil-tak-suka-buah-dan-sayur-siasati-dengan-4-cara-ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar